Kamis, 06 Oktober 2011

Virus

Hay gan,dalam posting ini virus aja deh yang dibahas yah karena virus menjadi hal yang lazim buat kita. Mungkin sudah banyak tu yang bahas tentang virus.Pada dasarnya virus pada komputer bisa dikelompokkan dan dibagi kedalam beberapa jenis.Nah mari kita mencoba membagi virus ke dalam 3 jenis :

  1. Virus Komputer Berdasarkan Cara Kerjanya
    Virus pada komputer, tidak semua virus yang menjangkiti komputer menyerang semua folder dan file yang ada,akan tetapi memiliki bagian masing- masing. Contoh virus dan cara kerjanya:
    - Virus File -
    Virus jenis ini memanfaatkan file data atau program untuk    menyebarkan virusnya.Virus ini bisa dikelompokkan sebagai berikut:
    Virus File Overwrite
    Virus ini akan menempel / menindih seluruh bagian dari program, sehingga bagian dari program
    tersebut akan hilang, digantik dengan program virus. Dengan kata lain Virus File Overwrite akan
    mengcopy virusnya ke file yang diinfeksi.
    Virus File Non Overwrite
    Virus ini menempel pada file, namun tidak merusak file program yang diserangnya. Prinsip kerjanya mirip dengan Virus File Overwrite; hanya saja tidak menindih file asli, tapi menempelkan dirinya di awal file asli sehingga file asli akan tergeser dan ukurannya akan berubah.
    Virus File New File
    Virus ini hanya menggandakan dirinya dan tidak menempel pada file atau virus ini hanya membuat copyan programnya sendiri dengan kriteria tertentu. Jenis ini sebenarnya adalah WORM.
    - Virus Boot Sector -
    Virus ini dalam aksinya menggunakan bagian disk yang bernama boot sector atau boot record. Dimana boot sector atau boot record berisi informasi tentang OEM beserta vesinya, kapasitas disk, jumlah byte per sector, jumlah sector per cluster, jumlah FAT, jumlah maksimun file pada root directory dan lain sebagainya. Kerja dari jenis virus ini bisa digambarkan sebagai berikut :
    Boot Record asli diganti dengan Boot Record virus à Boot Record virus membelokkan proses menuju Boot Record Asli à Rutin pembelok interupsi dibaca à Rutin virus resident dijalankan à Interupsi yang telah dimanipulasi virus juga akan dijalankan.
    - Virus Hybird -
    Virus ini merupakan virus gabungan antara Virus File dan Virus Boot Sector, virus ini dapat menyerang boot sector dari disket atau partisi dari hard disk, namun juga dapat menyerang ke suatu file yang dapat diproses, contohnya adalah Virus Mystic atau disebut juga sebagai Virus Liberty. Virus ini akan menyerang boot sector dan file-file yang berakhiran COM, EXE dan file-file Overlay.
  2. Virus Komputer Berdasarkan Tingkat Keganasannya
    - Virus Jinak -
    Virus ini biasanya tidak mempunyai kemampuan merusak tapi hanya menumpang ataupun menempel dan tidak merusak media penyimpan.
    Contoh:
    Virus Den Zuko yang akan menampilkan gambar grafik ketika dilakukan proses booting.
    - Virus Ganas -
    Virus ini merusak media penyimpan, tetapi kerusakannya masih dapat dipulihkan kembali.
    - Virus Mematikan -
    Virus ini biasanya merusak dan tidak dapat disembuhkan lagi. Kalau sudah terinfeksi virus ini, maka kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat fatal dan tidak dapat diperbaiki lagi. Contoh: Virus Michael Angelo.
  3. Virus Komputer Berdasarkan Tujuan Penciptaanya
    Virus kebanyakan kita akan berfikir bahwa virus merugikan/merusak. Namun sekarang ada virus yang sifatnya menguntungkan. Sebagai contoh, Virus Pray. Virus Pray merupakan salah satu virus lokal yang dibuat menggunakan Visual Basic.Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan mengingatkan kita untuk melakukan shalat.Nah gan virus ini berguna ne buat kita orang islam * _*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar