Minggu, 09 Oktober 2011

9 hal yang menyebabkan laptop lambat dan cara mengatasinya

Berbeda dengan komputer, laptop akan cepat menjadi lambat dibanding dengan sebuah komputer, hal ini bisa disebabkan karena laptop bersifat portable (bisa di bawa kemana) jadi kapan pun sobat ingin menggunakan laptop bisa, makanya waktu aktifnya bisa lebih lama di banding dengan komputer, selain dari itu karena kemudahan dan portablenya laptop begitu mudah di tambahkan data, dowload software ini itu, lagu film colok flashdisk dan sebagainya.
Berikut 9 hal yang menyebabkan laptop lambat dan cara mengatasinya

Laptop Lambat karena kekurangan memory

Satu hal sobat yang perlu ketahui memory sangat berpengaruh terhadap kecepatan laptop, dan menjadi hal yang utama ketika laptop sobat menjadi lambat. Pastikan sobat menggunakan operation system  (windows) yang sesuai dengan kemampuan memory, misal windows 7 minimal menggunakan memory 1 Gb ini paling minimal.
Perikasa taskmanager pada bagian performance, perhatikan berapa persen memory yang terpakai.

Laptop lambat kerena kebanyakan program

Percayalah, jika laptop sobat lambat bisa disebabkan oleh program yang terlalu banyak. Apalagi program yang berjalan secara realtime, seperti antivirus, firewall dan sebagainya.
Periksa taskmanager pada bagian process lihat semua program yang aktif dan coba disable satu-satu

Terlalu banyak program di start UP

Ini sangat terkait pada saat laptop pertamakali di aktifkan, sesaat laptop di aktifkan maka semua program di startup akan di aktifkan, semakin banyak program maka semakin lama loading laptop sobat, periksa dengan msconfig pada menu RUN

Laptop lambat karena Temporary File

Temporary File adalah file yang sengaja dibuat oleh system window yang sengaja dibuat keperluan tertentu, Temporary File akan terus bertambah banyak seiring semakin seringnya laptop di gunakan.
Solusinya : buka RUN ketik cleanmgr untuk membuka Disk CleanUp

Terlalu banyak program antivirus dan firewall

Sebenarnya hal ini diwajibkan untuk laptop, tetapi jika sobat menggunakannya terlalu banyak , lebih dari satu misalnya menggunakan antivirus maka yakin saja laptop akan terasa lambat.
Solusinya gunakan antivirus yang sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling penting  adalah menggunakan antivirus yang bisa di update kapan saja. baca : antivirus terbaik

Laptop lambat karena masalah hardisk

Seperti yang saya sebutkan di atas, sifat laptop yang portabale bisa di bawah kemana-mana, maka sangat memungkinkan laptop teguncang, benturan dan akhirnya akan mengganggu hardik,  kondisi seperti ini hardisk bisa badsector, atau karena sering instal dan uninstal program maka hardisk bisa saja terganggu, sekali – kali sobat bisa defrag hardik secara berkala atau melakukan pembersihan hardisk.
Baca : Memperbaiki bad sector hardisk , Pebaiki hardisk Rusak

Laptop terkena virus

Virus adalah penyebab utama dari lambatnya laptop, dan ini paling bisa di rasakan oleh penggunakan, cirinya bisa macam – macam, yang terpenting adalah struktur data sobat pada explorer akan berubah, bisa bertambah bisa berkurang intinya banyak file yang tidak dikenal.
Solusi gunakan antivirus terbaru

Laptop kepanasan

Hal ini saya sudah mendapatkan beberapa kasus pada laptop teman, karena laptop digunakan berjam – jam secara otomatis komponen laptop akan panas, hal ini wajar saja, tetapi jika berulang tiap hari akan menyebabkan laptop akan lambat, gunakan Kipas bantu, sebisa mungkin bersihkan laptop sobat

Laptop lambat karena koneksi internet

Sebenarnya hal ini tidak selalu terjadi, tetapi dalam beberapa kasus laptop akan menggunan memory yang berlebihan padahal tidak ada program yang aktif kecuali browser (mozilla), hal ini bisa terjadi karena koneksi yang lagi bermasalah, atau situs,website yang di akses tidak dalam keadaan baik, (spammer,trojan dsb) Baca : cara mengetahui penyebab koneksi internet lambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar