Kamis, 06 Oktober 2011

Cara Membuat Antena Wajan Bolic

Wajan bolic dengan bahan sederhana mempunyai manfaat luar biasa kawan. Alat ini biasanya berguna untuk penyedia Rt/Rw upsss bukan Rt/Rw dalam arti perangkat dusun ya pi penyedia layanan internet, biasanya untuk lokasi yang cukup jauh dan tidak mungkin dijangkau mengunkan kabel. Namun untuk menangkap sinyal wiffi juga bisa kawan tinggal diatur saja sesuai kebutuhan.

Nah posting ini ter inspirasi barusan kawan, soalnya barusan praktekin pembuatanya hehehe.Dari pembuatan ini saya mendapat ilmu baru bahwa kabel USB tidak semuanya bisa digunakan, hindari USB yang murah kawan apa lagi buatan cina beli lah USB yang berkualitas.

Oke langsung saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajan bolik:
1. Wajan (diameter terserah lebih besar lebih bagus tapi jagan berlebihan kawan.
2. Pipa PVC 3 dim dengan panjang 30cm.
3. DOP (tutup pipa PVC 3 dim 2 buah).
4. USB Wi-fi.
5. Alumunium Foil.
6 .Mur dan Baut.
7. Doubl e tape.
8. Lakban.
9. Kabel UTP 10 m  (jagan lebih kawan beresiko sinyal lemah)
10. Kabel USB ( beli yang berkualitas kawan).

Langkah perakitan :

Ukur diameter dan kedalaman wajan untuk menentukan batas feder pada pipa
Rumus untuk feeder :f = D^2 / (16*d)


Lanjut kawan ambil wajan kemudian berilubang ditengah untuk memasang pipa, lubang disesuaikan baut yang kita punya. Jika kesulitan memberi lubang bawa saja ketukang bor pasti beres kawan. Selanjutnya beri lubang 2 tutup pipa PVC dengan soldear juga bisa kawan tidak perlu ketukang borr.

Setelah hal diatas dikerjakan langkah berikutnya pasang Aluminium foil sesuai hitungan diatas pada pipa PVC jagan lupa beri lubang untuk USB Wi-fi., dan berikutnya buat penyagannya dari pipa yang kecil  bisa dilihat pada gambar berikut kawan.

Lanjut lagi kawan setelah langkah diatas dikerjakan rakit deh semua bahan pertama pasangkan tutup pipa jagan lupa dilapisi aluminium seperti gambar berikut urutannya.

Nah pasagkan sesuai gambar diatas kawan jagan sampai ada yang ketinggalan. Berikutnya kita membuat kabel USB estender jagan beli jadi kawan mahal mending membuat sendiri hanya memadukan kabl USB dengan kabel UTP berikut gambarnya kawan.
Urutannya seperti ini kawan :

Oren dan putih oren sambungkan ke kabel merah.
Hijau dengan kabel hijau.
Putih hijau dengan puith.
Warna sisa jadikan satu sambugkan dengan kabel hitam.

Mudahkan sebenarnya hanya perpanjagan masalah warna gak penting sebenarnya asal kabel terhubung dengan benar usahakan disoldear biar lebih kuat kawan. Jagan lupa diltutup dengan isolsi dan dites dulu sebelum dipasang kawan jagan sampai kita pusing-pusing kok tidak konek ternyata kabel kita bermasalah seperti saya heehehee. Pastikan kabel benar sebelum dipasang jika ada masalah coba ganti kabel USBnya dengan kualitas yang lebih bagus. Berikut gambar wajan bolic yang sudah beres alias selesai 100%.

Semoga bermanfaat kawan cara pembuatan wajan bolic ini...

1 komentar:

  1. tanks, gan,
    tpi trlalu rbet. Aku gk ngerti smua istilah yg agan pkai. Gmn klu psan yg udah jdi, brp hrganya ? Bls via email : guruhbaru@gmail.com

    BalasHapus