Minggu, 09 Oktober 2011

Apa itu Firewall

Firewall adalah sebuah perangkat lunak (yang dapat digabungkan dengan perangkat keras dalam beberapa kasus) yang dirancang untuk melindungi jaringan private dari akses yang tidak sah. Sebuah firewall biasanya blok lalu lintas yang tidak diinginkan dari luar ke dalam jaringan dan sebaliknya.
Firewall Oleh karena itu seperti pagar antara dua zona: dalam dan di luar jaringan.Bayangkan sebuah benteng yang dipertahankan dari gangguan militer oleh parit atau kebakaran di sekitar. Benteng adalah jaringan pribadi. Secara teknis, saya menyebutnya sebagai batas antara (dalam) terpercaya dan zona (luar) non-dipercaya.
Tantangan pada firewall semakin berat sebagai garis demarkasi antara apa yang dipercaya dan apa yang tidak adalah semakin kabur, sehingga membuatnya sulit untuk firewall untuk memutuskan untuk memastikan apakah akan membolehkan lalu lintas tertentu atau tidak.
Firewall tidak melindungi jaringan saja, tetapi komputer. Anda dapat menginstal firewall pada komputer anda, dan akan melindunginya dari luar jaringan anda menghubungkan mesin anda ke luar.

Cara Kerja Firewall ?

Bila data dikirim ke dan dari jaringan atau komputer, maka dipecah menjadi paket. Terlepas dari data yang mereka bawa, paket ini juga membawa sebuah header yang berisi informasi. Hal ini seperti kotak paket yang dikirimkan kepada Anda. Selain parsel, ada serangkaian informasi atas kotak: nama Anda, nama pengirim, alamat Anda, dll.
Sebuah paket data membawa informasi seperti, misalnya, alamat IP, jenis data, alamat jaringan tujuan dan komputer, dll Firewall menginterpretasikan informasi ini ‘overhead’ serta isi data paket untuk membuat keputusan mengenai apakah akan membiarkan paket lewat atau tidak.
Firewall memiliki set standar kriteria untuk perlindungan generik, di mana mereka basis  menjalankan mekanisme packet filtering. Tapi Anda bisa mengkonfigurasi pengaturan firewall untuk menaikkan atau menurunkan tingkat keamanan.
Anda juga dapat menentukan daftar program yang diinstal pada mesin anda yang ingin Anda untuk memberikan akses Internet. Setiap program tidak ada dalam daftar yang tidak akan diberikan akses ke Internet. Hal ini untuk menghindari berbahaya atau salah-dirancang program (seperti spyware) dapat menyebabkan masalah untuk sistem Anda melalui akses Internet. Anda juga dapat menentukan daftar alamat situs atau alamat IP yang Anda tidak ingin diakses dari komputer atau jaringan anda, dan dari mana mesin atau jaringan anda akan menerima tidak ada data. Ini hanya dapat berfungsi sebagai alat sensor, serta mengukur pelindung yang baik.
Router dan perangkat jaringan lainnya  ering memiliki firewall tertanam di dalamnya, secara optimal dikonfigurasi untuk menyaring paket sesuai dengan layanan yang mereka tawarkan. Misalnya, jika sebuah router mendeteksi suatu paket yang tidak sesuai dengan layanan yang disediakan, maka akan dibuang.
Perhatikan bahwa firewall bukan merupakan pengganti perangkat lunak anti-virus. Bahkan Anda memiliki firewall terbesar melindungi sistem Anda, Anda tetap perlu memiliki anti-virus software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar