Kamis, 06 Oktober 2011

Membuat formulir pendaftaran online dengan Google Docs dan Tiny URL

Formulir pendaftaran sangat familiar untuk kita bukan? biasanya digunakan untuk banyak hal sebagai contoh formulir pendaftaran lowongan kerja, formulir pendaftaran mahasiswa baru, formulir pendaftaran keangotaan dll. Nah kali ini saya akan memberikan cara membuat formulir pendaftaran online. Formulir pendaftaran online ini sangat membantu kita dalam banyak hal, apalagi sekarang ini sudah banyak mengunakan sistem online.

Google docs adalah jawaban untuk formulir pendaftaran online. Google docs merupakan perangkat lunak pengolah kata seperti microsoft word, excel, power point , dan access.Nah yang membedakan si google docs ini bekerja didalam website alias online tanpa menginstall kita bisa mengunakannya.

Nah si google docs ini perlu pelengkap agar URL yang dihasilkan menjadi singkat dan mudah diingat, siapa dia? dia adalah Tiny URL, untuk mengetahui lebih jelas nanti saya jelaskan ketika kita membuat formulir pendaftaran onlinenya.

Membuat Formulir online mengunakan google docs dan Tiny URL:
Sebelum membuat formulir pastikan anda mempunyai akun google, jika anda belum punya segera membuat email di google mail atau gmail. Langkah selanjutnya masuk ke http://docs.google.com nah berikut tampilan google docs :




Langkah berikutnya login dengan akun gmail kita, nah berikut tampilan setelah anda login.

Nah setelah masuk tahab ini saatnya kita membuat formulir pendaftaran online. Klik creat new pilih formulir, setelah itu muncul pengolah formulir nah silahkan atur-atur sesuai kebutuhan input formulir anda. Untuk menambahkan inputan klik aja Add item berikut tampilan pengolah formulirnya.


Nah setelah selesai melakukan pengaturan jagan lupa disave dan klik theme disamping add item untuk memilih tamplete untuk mempercantik tampilan. Lantas bagaimana melihat tampilan formnya??Klik aja link yang berada dipaling bawah biasanya berwarna biru nanti anda akan diperlihatkan form yang anda buat.Berikut contohnya :

Nah pada tahap ini anda akan mengunakan Tiny URL dimana fungsinya untuk mempersingkat URL agar mudah diingat. Berikut saya berikan contohnya :

http://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dFNwYXNITUtROFdORnA5TE1yc1dqT2c6MA

URL diatas merupakan contoh dari URL yang dihasilkan dari link formulir kita dibagian bawah tadi, lumayan panjang bukan linknya susah diingat pula. Untuk mempersingkat langsung kunjungi.http://tiny.cc/ langkah berikutnya masukkan link anda pada bagian Tiny your long kemudian pada bagian custom isikan nama untuk formulir anda kemudian klik tiny! berikut contoh tampilannya :


Selesai membuat formulir pendaftaran online yang tadinya http://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dFNwYXNITUtROFdORnA5TE1yc1dqT2c6MA menjadi http://tiny.cc/kritiksaran simpel bukan. Nah untuk mengambil/melihat datanya mudah tinggal masuk ke google docs kita kemudian klik aja formulir yang kita buat nanti akan muncul data-data yang telah masuk. Berikut tampilannya :

Setelah kita download terserah kita mau dijadikan dalam bentuk microsoft word atau excel. Sekian dulu semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar